Rabu, 29 Juni 2016

Cara mengatasi penyakit darah tinggi

Cara mengatasi penyakit darah tinggi, Untuk mengetahui bagaimana mengatasi penyakit darah tinggi dan cara mengobati penyakit darah tinggi akan lebih baik bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai penyakit darah tinggi.

Penyakit darah tinggi atau yang biasanya juga disebut dengan Hipertensi adalah adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas batas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah dengan mempergunakan alat pengukur tekanan darah.

Bagaimana untuk mengetahui bahwa tekanan darah tidak normal? untuk mengetahui hal tersebut sangat mudah. Nilai normal tekanan darah manusia dengan ukuran tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kondisi kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.

Penyebab penyakit darah tinggi


Penyebab penyakit darah tinggi bermacam-macam, salah satunya adalah penggunaan obat-obatan seperti golongan kortikosteroid (cortison) dan beberapa obat hormon yang digunakan secara terus menerus. Selain itu pola hidup yang tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol juga bisa menjadi penyebab penyakit darah tinggi.Pada umumnya penyebab penyakit darah tinggi dibagi menjadi dua yaitu penyebab darah tinggi primer dan sekunder.

Penyebab penyakit darah tinggi primer adalah darah tinggi yang tidak disebabkan oleh adanya gangguan organ lain seperti ginjal dan jantung, seperti pola hidup tidak sehat dan seimbang, faktor genetik / keturunan, pola makan tidak sehat yang kurang memperhatikan kandungan lemak atau makanan berkolesterol tinggi, jarang berolahraga, obesitas / kegemukan, kebiasaan merokok, sering mengkonsumsi minumal beralkohol dan kafein serta stress. Sedangankan penyebab penyakit darah tinggi sekunder adalah disebabkan oleh gangguan pada fungsi organ.

Mengapa penyakit darah tinggi penting untuk diketahui? penyakit darah tinggi menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal. Oleh karena itu dengan mengetahui penyebab penyakit darah tinggi anda dapat mengambil langkah preventif agar terhindar dari penyakit yang lain yang disebabkan oleh darah tinggi.

Gejala penyakit darah tinggi


Gejala penyakit darah tinggi sulit untuk dikenali karena gejala darah tinggi sama dengan gejala umum penyakit yang lainnya seperti sakit kepala, pendarahan dari hidung (mimisan), pusing, wajah kemerahan dan kelelahan. Akan tetapi untuk penderita penyakit darah tinggu yang sudah lama dan tidak menjalani pengobatan, gejala yang biasanya terjadi adalah sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak nafas dan gelisah. Gejala lainnya yang terjadi untuk penderita darah tinggi yang menahun adalah pandangan mata menjadi kabur akibat adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal. Bahkan terkadang penderita hipertensi berat mengalami penurunan kesadaran dan bahkan terjadi koma karena terjadi pembengkakan otak. Pada kondisi ini disebut ensefalopati hipertensi yang memerlukan penanganan segera.

Cara mengatasi penyakit darah tinggi


Cara untuk mengatasi penyakit darah tinggi ada beberapa hal yang dapat anda lakukan yaitu:

  1. Mengurangi konsumsi garam secara berlebihan karena dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

  2. Banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalium, magnesium dan kalsium karena zat tersebut bisa mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

  3. Hindari pola hidup yang tidak sehat seperti minum minuman atau makanan beralkohol dan merokok.

  4. Melakukan olahraga secara teratur dan rutin, minimal seminggu sekali.

  5. Memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah yang berserat tinggi seperti wortel, sayuran hijau, pisang, tomat, melon, dan jeruk.

  6. Menghindari stress.

  7. Menghindari penggunaan obat yang bisa menyebabkan darah tinggi.

  8. Mengonsumsi Obat darah tinggi alami paling ampuh


Baca juga: Testimoni menurunkan darah tinggi

Demikian informasi mengenai Cara mengatasi penyakit darah tinggi, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar