Sabtu, 04 Juni 2016

Cara alami mengatasi tekanan darah rendah

Cara alami mengatasi tekanan darah rendah, Apakah Anda termasuk orang yang sering mengalami pusing kepala setelah menjalani aktivitas di luar rumah dalam kondisi cerah maupun panas? Bila Anda mengalami hal demikian, kemungkinan besar Anda menderita tekanan darah rendah atau hipotensi. Tekanan darah rendah seringkali mengganggu kegiatan kita sehari-hari karena kita tidak akan dapat melakukan aktivitas secara maksimal. Tekanan darah rendah sebenarnya bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang tepat.

Kondisi tekanan darah dikatakan normal bila tekanannya sekitar 120/80 mm Hg. Apabila tekanan darah berada di bawah angka tersebut (90/60 mm Hg), maka bisa dikatakan Anda mempunyai BP rendah. Tekanan darah rendah memang bukanlah suatu kondisi yang mematikan, namun gejala yang ditimbulkannya dapat berakibat fatal kalau tidak segera diatasi. Beberapa gejala darah rendah diantaranya adalah pusing, lemah, mudah lelah, pingsan, kecemasan, gangguan tidur,tangan terasa dingin, penglihatan kabur, dan sebagainya. Penyebab tekanan darah rendah atau hipotensi bisa bermacam-macam, ada yang dikarenakan kekurangan cairan /dehidrasi, kelemahan otot dari kinerja jantung yang tidak optimal, kondisi peradangan pada bagian organ tubuh misalnya pankreatitis akut, dan lainnya. Bahkan mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan tekanan darah rendah. Lalu bagaimana Cara alami mengatasi tekanan darah rendah?

Cara alami mengatasi tekanan darah rendah


Bila kita mencermati beberapa hal yang menjadi penyebab tekanan darah rendah, kita bisa menyimpulkan bahwa dengan memperbaiki gaya hidup dan pola makan yang salah kondisi tekanan darah rendah atau hipotensi akan bisa diatasi. Secara umum, mengatasi tekanan darah rendah bisa dengan beberapa cara alami antara lain:

1. Memperbanyak minum air


Jika Anda sering merasa pusing apabila kurang minum atau dehidrasi, maka sangat dianjurkan merehidrasi diri Anda menggantikan cairan yang hilang. Peningkatan jumlah cairan dalam tubuh akan berimbas dengan peningkatan pada volume darah, sehingga tekanan darah ikut meningkat. Mengonsumsi minuman berenergi juga dapat membantu meningkatkan tekanan darah secara cepat, hal ini karena minuman tersebut memberikan asupan kalium dan natrium bagi tubuh. Pada kondisi tertentu seperti yang over-dehidrasi, pemberian cairan infus bisa diberikan bila diperlukan.

2. Menambah asupan garam


Mungkin sebagian orang menghindari asupan garam untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini tidak selalu benar. Bila Anda kekurangan asupan garam akan berakibat terkena hipotensi atau tekanan darah rendah. Dalam kondisi tekanan darah rendahi, kita harus meningkatkan asupan garam, walaupun tidak boleh secara berlebihan.

3. Mengkonsumsi makanan kecil


Kondisi tekanan darah rendah juga bisa dicegah dengan makan makanan kecil rendah karbohidrat. Perlu ditekankan disini ialah intensitasnya yang sering. Dengan mengonsumsi makanan kecil, darah akan lebih banyak dialirkan menuju saluran pencernaan membantu proses pencernaan. Disarankan mengurangi makan makanan bertepung seperti pasta, makanan panggang, dan kentang.

4. Mengenakan stoking


Memakai stoking yang elastis, juga mampu meningkatkan kondisi tekanan darah melalui pencegahan darah agar tak menggumpal di kaki bagian bawah. Selain itu, kebiasaan mengenakan stoking akan membantu melancarkan sirkulasi darah tubuh.

5. Memposisikan kepala lebih tinggi


Menggunakan bantal kepala dengan posisi lebih tinggi di saat tidur dapat membantu mengurangi gaya gravitasi sehingga dapat mencegah darah yang meninggalkan kepala terlalu banyak. Hal demikian akan membantu mengurangi pusing yang terasa pada saat bangun tidu dipagi hari.

6. Bangun dengan perlahan


Bila Anda sering merasakan pusing di kepala saat bangun tidur atau bangkit dari posisi duduk, rcobalah untuk kembali lagi ke posisi awal dan tunggu beberapa saat hingga rasa pusing tersebut hilang. Bagi penderita tekanan darah rendah atau hipotensi hal ini sering terjadi, cara mengatasi kondisi seperti ini adalah cobalah bangun atau bangkit dari posisi duduk / tidur secara perlahan. Hindarilah bangun atau bangkit secara tiba-tiba, karena Anda akan merasa goyah dalam keseimbangan.

7. Mengkonsumsi jus segar


Apabila Anda mengalami tekanan darah rendah, ada sebaiknya secara rutin mengkonsumsi jus buah segar. Jus buah yang segar dapat membantu meningkatkan kondisi tekanan darah. Minumlah jus buah segar 2x sehari secara selama 1 minggu dan rasakan perbedaannya. Beberapa jus buah segar yang bisa di konsumsi adalah jus delima atau wortel segar.

8. Makan almond dan kismis


Cara alami mengatasi tekanan darah rendah lainnya dengan makan almond dan kismis. Cara menyiapkannya adalah rendam terlebih dahulu segenggam kismis hingga semalaman. Makanlah kismis saay bangun tidur keesokannya. Jangan lupa untuk mengunyah kismis secara benar. Air rendaman kismis juga sebaiknya Anda minum. Selain itu, bila ingin membuat menu baru dengan kismis maupun almond juga tidak ada salahnya. Semisal mencampur susu hangat dengan pasta almond.

Demikian cara untuk membantu mengatasi hipotensi atau tekanan darah rendah secara alami. Satu faktor yang juga tak kalah penting adalah latihan atau berolahraga secara teratur serta berkonsultasi dengan dokter Anda. Apabila semua hal ini Anda lakukan, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, tekanan darah Anda akan dapat kembali normal.

Semoga informasi Cara alami mengatasi tekanan darah rendah ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar