Selasa, 05 Juli 2016

Penyebab sariawan dan cara mengobati

Penyebab sariawan dan cara mengobati, Apakah Sariawan itu? Sariawan merupakan penyakit mulut yang bisa menyerang siapa saja. Anak kecil, dewasa, tua, pria, dan wanita semua bisa mengalami sariawan. Sariawan memang tidak termasuk kedalam penyakit yang berbahaya, namun saat mengalaminya akan sangat menyiksa. Apalagi kalau titik sariawan di mulut. Dalam keadaan seperti itu bisa sampai mengakibatkan susah menelan dan berbicara. Untuk menghindari sariawan, ketahui penyebab sariawan yang mungkin terjadi berikut ini.

Penyebab sariawan dan cara mengobati


1. Luka di mulut


Luka yang berada di mulut merupakan penyebab sariawan yang banyak orang alami. Misalnya kegigit, atau luka saat menggosok gigi. Dari luka tersebut, akan menimbulkan infeksi yang kemudian menyebabkan sariawan atau dalam tingkat lanjut disebut kanker rongga mulut.

2. Panas Dalam


Meningkatnya suhu tubuh saat mengalami panas dalam juga bisa menimbulkan sariawan karena melepuhnya bagian dalam rongga mulut.

3. Kekurangan Vitamin


Meskipun tidak ada luka di mulut, atau tidak mengalami panas dalam, sariawan bisa juga terjadi disebabkan oleh kurangnya vitamin yang anda konsumsi.

4. Virus / Bakteri


Virus atau bakteri di mulut akibat kurang terjaganya kebersihan mulut. Sisa-sisa makanan yang tetap berada di mulut, bisa menjadi penyebab sariawan jika tidak segera dibersihkan dengan menggosok gigi.

Gejala Sariawan


Untuk sariawan pada anak, gejalanya bisa dilihat misalnya, menurunnya nafsu makan, sedikit rewel, atau diikuti dengan suhu badan yang meningkat. Untuk orang dewasa tentu sudah bisa merasakan sendiri jika terjadi sariawan, karena titik kecil luka, atau lesi yang merupakan bakal sariawan bisa kita rasakan meskipun baru tahap awal. Lamanya sariawan, biasanya 7-10 hari, jika lebih dari 15 hari sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, karena ditakutkan menjadi kanker rongga mulut yang lebih parah.

Baca juga: Cegah kanker dengan kebersihan gigi dan mulut

Cara Mengobati Sariawan


Perawatan saraiawan pada dasarnya bisa meringankan rasa sakit hingga proses penyembuhan sendiri. Namun cara mengobati sariawan dibawah ini bisa anda coba sebagai alternatif pengobatan menghilangkan sariawan.

  • Makan – makanan yang tidak terlalu kuat rasanya (hambar),

  • Menghindari makanan berlemak, terlalu dingin atau terlalu panas untuk tidak lebih mengiritasi daerah yang terkena.

  • Membilas mulut dengan satu sendok makan hidrogen peroksida dilarutkan dalam segelas air.

  • Mengoleskan baking soda dalam luka sariawan

  • Cara mengobati sariawan yang lainnya, yang saya dapat dari petuah orang tua, bisa menggunakan ramuan sederhana yang cukup ampuh untuk meredakan rasa sakit sariawan, bahkan mempercepat proses penyembuhan jika sariawan yang terjadi tidak terlalu parah. Caranya gunakan garam secukupnya kemudian dicampur dengan air hangat, lalu kumurkan di mulut sekitar 30 detik – 1 menit. Biasanya efek dari cara mengobati sariawan yang satu ini akan langsung terasa seuasi berkumur.

  • Mengonsumsi obat sariawan herbal alami


Karena akibat yang ditimbulkan dari sariawan memang cukup menyiksa dan menyakitkan, terutama untuk sariawan yang melebar, sebaiknya segera dilakukan penanganan ketika timbul gejala, dan selalu menghindari penyebab sariawan yang telah disebutkan di awal.

Demikian sedikit informasi mengenai gejala penyebab sariawan dan cara mengobati penyakit sariawan. Semoga berguna dan bermanfaat.

1 komentar:

  1. Terima kasih kasih infonya masbroo... ijin share

    BalasHapus